Profil

 

Assalamu’alaikum, Wr. Wb.

Berawal dari keinginan untuk meningkatkan derajat, harkat dan martabat anak-anak yatim piatu dan anak-anak usia belajar pada umumnya serta dalam rangka turut mencerdaskan kehidupan ummat, maka timbulah gagasan saya dengan dukungan penuh dari keluarga dan beberapa orang teman untuk mendirikan sebuah Yayasan yatim piatu sekaligus membangun pondok pesantren secara terpadu .
Semula gagasan itu nampaknya hanya sebuah impian yang rasanya sulit untuk diwujudkan karena berbagai faktor, yaitu antara lain faktor dana, faktor kemampuan manajemen kepesantrenan dan sebagainya. Namn karena dorongan yang kuat, yang mungkin ini adalah petunjuk ilahi, tanpa ada persiapan apapun maka pada tanggal 23 Desember 1983 dihadapan Notaris Muhammad Said Tadjoedin di Jakarta dibentuklah Yayasan Yatim Piatu/Pondok Pesantren Al Mukhlishin dengan akta Notaris Nomor 234 yang sekaligus atas dorongan teman-teman waktu itu mengusulkan saya menjadi ketua umumnya sampai sekarang .
Modal pertama Yayasan adalah sebidang tanah wakaf dari keluarga saya lebih kurang seluas 8.250 M2 yang terletak di desa Ciseeng. Yayasan mulai berkiprah aktivitasnya pada awal bulan April 1984, yaitu dengan membangun gedung sekolah yang terdiri dari 6 lokal ruang belajar, ruang tata usaha, dan ruang Kepala Sekolah. Dana awal untuk membangun gedung sekolah itu diperoleh dari seorang dermawan --yang kebetulan non muslim-- memberikan sumbangan berupa cek sebesar Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah). Dari dana awal itulah kemudian banyak para donatur memberikan sumbangannya baik berupa uang maupun berupa material, sehingga hanya dalam waktu kurang dari empat bulan gedung sekolah itu dapat diselesaikan pembangunannya yang bertepatan dengan saatnya penerimaan murid baru --menjelang tahun ajaran baru-- yaitu pada pertengahan bulan Juli 1984.
Syukur alhamdulillah walaupun pembangunan itu diselesaikan menjelang tahun ajaran baru yang waktunya sangat sempit untuk mengadakan prasarana yang lain dan sarana yang belum sempurna, tapi saat itu dapat menampung anak-anak usia Sekolah Dasar Islam berjumlah sekitar 70 siswa/siswi yang terdiri dari anak yatim dan non yatim.
Pada tanggal 5 September 1984, bersamaan dengan peresmian penggunan gedung sekolah oleh Bapak Bupati /KDH TK II Bogor yang diwakili oleh Bapak Sekwilda, dibangunlah sebuah Masjid Jami’ Al Mukhlishin yang berukuran 18 x 19 M2 dengan biaya sebesar Rp. 40.000.000,- (empat puluh juta rupiah). Dana tersebut sepenuhnya diperoleh dari almarhum Bapak Prof. Dr. H. Moeslim Tahir, SH. Ketua Umum Yayasan Universitas Jayabaya Jakarta. Dalam waktu yang singkat bangunan masjid itu dapat diselesaikan pada tanggal 21 April 1985, dan diresmikan oleh Bapak H. Sudharmono, SH sekaligus peletakan batu pertama pembangunan asrama santri dengan kapasitas tampung sebanyak 150 santri dengan menghabiskan biaya pada waktu itu sebesar Rp. 85.000.000,- (Delapan puluh lima juta rupiah).
Ada dua misi yang terus dikembangkan oleh Al Mukhlishin, yaitu pendidikan umum dan pendidikan agama Islam yang diharapkan mampu melahirkan generasi penerus yang berjiwa Islami. Dengan kata lain diharapkan menjadi intelektual ulama atau ulama intelektual yang tidak saja luas ilmu pengetahuan agamanya, luas wawasan ilmu pengetahuan dan luas pula cakrawala pikirnya sehingga dapat memenuhi tuntutan zamannya untuk berperan aktif dalam menyelesaikan persoalan-persoalan sosial.
Secara sederhana lahirnya Yayasan Yatim Piatu/Pondok Pesantren Al Mukhlishin ini dapat mengembangkan empat dimensi, yaitu dimensi keagamaan (Imtaq), kecerdasan (Iptek), Kesemaptaan (Kebugaran), dan mengembangkan kebudayaan Indonesia. Dengan demikian Al-Mukhlishin akan terus berusaha untuk membekali murid dan santrinya dengan ilmu pengetahuan umum dan keterampilan yang dilandasi dengan ilmu pengetahuan agama Islam sehingga harapan para orang tua/wali murid/santri dapat terpenuhi dalam meraih kebahagiaan dunia dan ukhrowi.
Saat ini Al-Mukhlishin memiliki binaan 1.730 santri putera/puteri yang 140 (seratus empat puluh) diantaranya adalah siswa yatim piatu dan tidak kurang dari 200 guru dan karyawan mengabdikan dirinya di lembaga pendidikan Islam ini. Dalam menyelenggarakan pendidikannya Al-Muhlishin mempunyai berbagai kegiatan, yaitu kegiatan formal yang terdiri dari Sekolah Dasar Islam, SLTP Islam, Madrasah Tsanawiyah, SMU Islam, Madrasah Aliyah dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al Mukhlishin yang statusnya sudah DISAMAKAN, kecuali STAIM statusnya baru TERDAFTAR dengan jumlah mahasiswa saat ini sebanyak 120 orang yang berasal dari berbagai jurusan.
Atas dukungan dan doa restu masyarakat, alhamdulillah Al-Mukhlishin sampai saat ini tetap memperoleh kepercayaan dari pemerintah. Khususnya dari Depertemen Pendidikan Nasional yang telah memberikan imbal swadaya Proyek dari IDB sebesar 1,2 Milyar dan telah selesai dibangun 8 (delapan) ruang yaitu, 1 ruang kantor, 3 ruang kelas, 1 ruang lab. Biologi, 1 ruang lab. Kima/Fisika, 1 ruang lab. Bahasa, dan 1 ruang perpustkaan.
Selain itu juga Pondok Pesantren Al Mukhlishin memiliki unit pendidikan Diniyah dan didukung beberapa unit keterampilan ekstra kurikuler seperti Komputer, Lembaga Bahasa Arab dan Inggris, Muhadoroh, Drum Band, Kosidah Modern, Band, Menjahir, dan Beladiri. Dalam menujang proses kegiatan belajar mengajar alhamdulillah Al Mukhlishin juga memperoleh bantuan 2 orang tenaga guru dari Perguruan Tinggi Al Azhar Kairo - Mesir untuk mengembangkan bahasa Arab. Begitu pula kami kembangkan bahasa Inggris yang diharapkan siswa/santri akan mempermudah untuk memahami dan mempunyai kemampuan berbahasa serta memungkinkan murid/santri untuk mengkaji ilmu secara mandiri dari buku-buku berbahasa asing yang ada diperpustakaan Al Mukhlishin maupun berbagai riteratur yang tersedia. Selain itu juga Al Mukhlishin memiliki Laboratorium IPA yang cukup memadai.
Sarana pendukung lain seperti Satuan Pengaman, Koperasi Pondok Pesantren, Pos Kesehatan, Wartel, lapangan Badminton, lapangan bola volly, lapangan bola, Basket dan tenis meja. Kini berbagai bangunan fisik yang cukup representatif berdiri diatas tanah seluas lebih dari 4 Ha. dan sampai sekarang terus berupaya memperluas dan mengembangkan berbagai sarana pendidikan untuk memenuhi harapam masyarakat atau orang tua/wali murid/santri yang menentukan Pondok Pesantren Al Mukhlishin sebagai pilihan pertama bagi putera puterinya untuk menuntut ilmu, baik ilmu pengetahuan umum maupun ilmu pengetahuan agama Islam.
Agama Islam memang banyak mengajarkan kepada ummatnya untuk menuntut dan mencari ilmu pengetahuan. Ilmu yang harus digali bukan hanya ilmu agama, tapi juga meliputi berbagai disiplin ilmu lain yang dapat memberikan sumbangan bagi peradaban dan kesejahteraan ummat manusia. Karena sifatnya yang rohmatan lil ‘alamin, rohmat bagi semua yang ada di alam semesta ini.
Bagaimana pun juga hadirnya Pondok Pesantren Al Mukhlishin di Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor Plus unit-unit pendidikan formal Al-Mukhlishin ini akan lebih memperkaya khasanah intelektual Indonesia serta akan semakin mempertajam kecerdasan dan keterampilan masyarakat dalam melihat sebuah persoalan. Kesadaran beragama, berbangsa dan bernegara akan terus meningkat, bila semua aktivitasnya dijadikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan cara berlomba-lomba dalam kebajikan dan orang tua/wali murid/santri menentukan pilihan untuk puera/puterinya di Pondok Pesantren.
Kepada para dermawan dan simpatisan yang telah memberikan dukungan dana dan dorongan semangat terhadap perkembangan dan kemajuan lembaga pendidikan Islam ini. Kami, keluarga besar YayasanYatim Piatu/Pondok Pesantren Al Mukhlishin mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh masyarakat Indonesia yang tidak mungkin kami sebutkan namanya satu-persatu, yang telah membantu meringankan biaya pembangunan-pembangunan di Pondok Pesantren Al Mukhlishin.
Semoga Allah SWT akan selalu memberikan bimbingan dan kemudahan kepada para pengurus serta penyelenggara Pondok Pesantren Al Mukhlishin ini dan curahan pahalanya yang berlimpah kepada para donatur, para dermawan dan simpatisan yang selalu memperhatikan lembaga pendidikan keagamaan ini. Kami yakin, uluran tangan Bapak/Ibu dengan tulus ikhlas akan memperoleh pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT. Amin.

Wabilahittaufik wal-Hidayah
Wassalamu’alaikum, Wr. Wb.

Pencarian



semua agenda

Agenda

semua download

Download

Jajak Pendapat

bagaimana pendapat anda mengenai fasilitas gedung PONPES al mukhlisin ?
Sangat baik
baik
cukup baik

Lihat